Hot News

Di China, Orang Lebih Suka Beli Kendaraan Secara Tunai-Cash… Gak Ngutang… :D

 zotye-z100-china-murah
RiderTua.Com— Lain Negara Lain Cara dan kebiasaan kali ini penulis tertarik mengangkat bagaimana cara mendapatkan sebuah kendaraan di sebuah negara yang jumlah penduduknya terbesar di dunia( 1,382,323,332 jiwa), dimana rata-rata kisaran 70% mereka mendapatkannya secara tunai dengan alasan bunga yang merugikan,penurunan nilai jual...masuk akal memang...walau kita tahu dan mengerti "rumus" itu namun ternyata perlu sebuah kesabaran untuk melakukannya... dimana dengan menunda keinginan untuk membelinya dan menabung maka kita akan terhindar dari bunga... mungkin ada sebagian yang membantah dengan alasan, kalau tidak ngutang kapan bisa punya motor...? sebetulnya itu hanyalah sebuah pembenaran agar "nafsu" diri akan sebuah kendaraan bisa terpuaskan... walau berapa persen alasan untuk kredit  adalah buat usaha...kurang layaknya transportasi atau angkutan umum...dan bla..bla ..bla...


Bahkan budaya itu secara tidak disadari akan dibentuk dan tumbuh subur karena menjadi sebuah kebutuhan “instan”..pokoke punya kendaraan…titik…!!

Logika yang terjadi di China memang sebenarnya masuk akal juga dimana mereka tidak mau rugi “dua kali” ..pertama harus bayar bunga, kedua Nilai kendaraan akan turun..apakah itu disebut pelit atau bijak…???
Lalu bila dikembalikan lagi siapa yang untung dan siapa buntung….?
Secara “bodoh” saja dengan kredit kendaraan diatas satu tahun nilai total yang harus ditanggung adalah ibarat kita “hampir” bisa beli dua unit kendaraan…. berikutnya setelah kendaraan itu lunas dan beberapa tahun kemudian kita jual karena bosan maka berapa harga jualnya kembali…?
Bahkan ada yang tutup mata dan telinga dengan “teori-fakta” itu…dimana kendaraan itu dijual rugi karena bernafsu dengan kendaraan baru lagi…dan beli secara kredit lagi…. weladalah…. bisa jadi kita secara tidak langsung bekerja dan berbakti pada Industri otomotif… sambil dengerin lagu Bang haji Rhoma..”Yang Kaya Makin kayaaa…Yang Miskin Makin Miskin” kekekekeke….

Dan Infonya di China Pepatah para ‘tetua’ sangat dijunjung dan diterapkan yaitu “pengeluaran harus lebih kecil dibanding pendapatan”…Kendaraan adalah kebutuhan sekunder dan menunggu hingga tabungan cukup…
Bagaimana dengan Anda…???

 

 

Iklan
About oldrider (5007 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

10 Comments on Di China, Orang Lebih Suka Beli Kendaraan Secara Tunai-Cash… Gak Ngutang… :D

  1. data aisi chino piye te.. cari dong?

  2. tukang_gorengan // 23 Februari 2016 pukul 12:15 pm // Balas

    kalo mindset sini mah tutup mata sama bunga utangnya yang kalo dikonversi bisa sampe setengah harga mobilnya. nah, mungkin di cina kalo mobil seken harganya langsung terjun bebas jadi orang males juga punya kendaraan nyicil. tahun pertama udah nyungsep gimana tahun kedua atau ketiga.

    kalo disini beda lagi, mobil nyicil setahun. bunga dikonversi setengah harga mobil. alias jadi 1.5 x harga seharusnya. terus pas dijual harganya ikut harga penjualan non kredit. tapiiiiiiiiii dibelokin mindsetnya dengan cara kalo ente beli mobil ini nyicil setaun terus lunas. ente mau jual lagi, cuma turun 20-30 persen doang. itung2 kayak nyewa mobil, setaun cuma turun 10 – 20 juta dari harga baru.

    kalo nyewa mobil 350rb sehari, sepuluh hari 3.5jt, satu bulan (30 hr) bisa kena 10.5jt. kali 12 jadi 126 juta. kalo nyewa ente abis duit segitu, kalo nyicil terus dijual ente cuma kurang 10-20 jt. padahal bunga yang dibayarin jatuhnya lebih dari 100jt juga hihihihihi….. tapi podo aeeee orang tetep tutup mata, tutup telinga.

  3. saya sependapat om..
    karena memang kebutuhan sekunder, jadi harus cukup duit terlebih dahulu buat beli.. maka, bagus beli kendaraan second yg jelas udah ‘jauh turun’ harganya om..
    paling gak, bisa jalan dan membantu buat transportasi pribadi. :mrgreen:

  4. lha tetangga punya mobil kredit aja bisa masa kita kagak. khan aneh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: