Hot News

Raja Tikungan itu Kini Siapa…? Valentino Rossi Atau Jorge Lorenzo…??

Valentino rossi-leg-wave ceetah RiderTua.Com— Dalam pertarungan kelas Raja Vale dikenal sebagai Rajannya Raja Tikungan... dimana sangat piawai melibas tikungan dengan teknik dan style dia dan itu juga faktor motor yang dulu tidak banyak di cangkokkan teknologi tinggi sehingga pembalap ibarat dibantu oleh "robot" sebagai otak dari motor itu sendiri... Periode 2004 adalah awal Rossi dikenal mampu menghabisi motor-motor pabrikan dengan power besar, pembalap dengan motor yang sangat kuat seperti kisah dengan Max Biaggi, Sete Gibernau, Alex Barros,Marco Melandri ,Nicky Hayden pernah merasakan dipecundangi oleh Valentino Rossi. Motor Honda unggul di trek Lurus..namun tak berdaya di tikungan.....  

Valentino Rossi Jorge Lorenzo

Nah kepiawaian Rossi dalam Late Braking serta akselerasi keluar tikungan yang cepat namun halus membuat lawan tak berdaya… kata kuncinya adalah kekuatan Motor saat ditikungan… bahkan saat dengan paket motor kala itu Jorge Lorenzo masih belum menemukan gaya balap yang sesuai dalam mengimbangi kemampuan Vale…

casey stoner motogp tes brno
Berikutnya yang juga dijuluki raja tikungan adalah Casey Stoner… faktanya adalah jauara dengan Motor Ducati yang susah belok… namun dengan gaya Casey semua itu tak masalah..dengan gaya slidingnya..Motor Ducati mampu memangkas waktu di tikungan dengan cepat ala Stoner dan tidak bisa dilakukan rider lain, jadi kuncinya ditikungan dengan “kasar” Stoner memaksa motor untuk melibas tikungan … dan terbukti secara agregasi lap time melonjak dan hasilnya Jawara…..

2015-jerez-motogp -jorge-lorenzo-yamaha

Mulai 2004 Valentino Rossi dikenal sebagai Raja Tikungan..Motor dengan Power Besar dipecundangi…faktor motor dengan teknologi tinggi membuat semua berubah…
Berikutnya Raja tikungan Casey Stoner…Power Slide…
Kini Jorge Lorenzo dengan Confident Over Cornering (COC)..sangat percaya diri , lembut,gemulai namun mematikan saat ditukungan… gleserrr…… pantaskah disebut RAJA TIKUNGAN….???
Apakah dia pantas dinobatkan sebagai RAJA TIKUNGAN era kini…?

Silakan Vote bro…. kekekekeke…….. kalau saya sih NO… eh YES…

Iklan
About oldrider (5007 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

15 Comments on Raja Tikungan itu Kini Siapa…? Valentino Rossi Atau Jorge Lorenzo…??

  1. Karena skrg era teknologi yg semakin maju ya sy vote jorge lorenzo sebagai raja tikungan
    Kecuali teknologi tidak mendominasi saya tetap vote valentino rossi

  2. vote pilih paK RT

    goozir.com/2016/01/top-speed-tvs-apache-200-capai-144-kpj-on-speedo.html

  3. jago tikungan itu polisi lg operasi…. masuk tikungan lgs priiitttt…..
    http://78deka.com/2016/01/22/setting-basah-co-naik-enak-sih-tapi-beresiko/

  4. vote raja dangdut pk RT 😀

    tiap era biasanya ada maestronya. jaman rossi masuk dikelas premier, dia yg mampu tercepat melewati tikungan. rossi bisa men tweak performa motornya sedikit lebih kenceng di tiap tikungan dari rider lain.

    tiap tikungan mempunyai titik dimana motor paling terpelan, karena kemampuan ban, suspensi, chasis motor sudah hampir di ujung batasnya. pembalap top level sanggup mem
    maksimalkan lagi speed di titik tersebut.

    dengan makin kuat grip ban slicks,ditambah elektronik yang canggih mengatur power delivery mesin. pembalap bisa lebih banyak membuka throttle pada saat motor masih miring, tanpa takut ban belakang spin yg bisa berakibat highside. adanya traction control dll, motor bisa lebih cepat lagi melewati tikungan dari pada 10 tahun yg lalu. pembalap sekarang dimungkinkan utk akselerasi lebih awal dan lebih cepat di pertengahan tikungan (mid corner) dimana motor masih posisi miring. maka itu gaya balap yang beda dg gaya old school. pembalap sekarang lebih keluar badannya (hanging off) pada saat akselerasi kuat keluar tikungan utk menahan efek gyroscopic roda motor yg muncul. rossi udh merubah jga gaya lamanya ke gaya sekarang seperti pembalap muda lainnya.

    • powerslide pada saat akselerasi keluar tikungan dibutuhkan utk mengarahkan atau men stir motor dg radius lebih kecil. pembalap jaman gp500 suka powerslide sperti garry mccoy. dulu blum ada traction control canggih.

      skrng ini lorenzo bisa dibilang mampu sedikit lebih cepat masuk dan keluar tikungan. gaya lorenzo bukan late braking. titik pengereman lorenzo (brake marker) jauh lebih awal, deselerasi secara halus dg tehnik trail braking, masuk tikungan memanfaatkan momentum speed motor. kemudian akselerasi lebih awal dg transisi yang halus. bukaan throttle yg presisi tidak membuat traction control harus bnyk mengkoreksi torsi motor saat itu. efek dari semua itu cornering yg lebih cepat dan tepat

      • di mid corner dekat ke apex biasanya speed motor paling pelan dan dg sudut kemiringan (lean angle) yg paling terbanyak derajatnya. makin miring motor makin pelan speednya.

        makin tegak motor, makin bisa lebih cepat pembalap akslerasi

      • pengertian kalau miring lebih dari 60 derajat atau sampai maks 64 derajat itu cepat, justru sebaliknya speed motor yg paling lambat, biasanya dg gigi trans 2 (tergantung radius). di tikungan hairpin atau chicane jga dg kecepatan yg lambat memakai gigi 1 dan 2. malahan dg lean angle yg tdk terlalu miring, lebih tegak (upright)

        stoner jga bilang kalau dulu kelemahan dia di trail braking. pembalap yg makin mahir trail braking akan bisa masuk sambil mengerem lebih dalem di tikungan dg posisi miring, sampai sebelum apex dan secepatnya lepas tuas rem bersamaan buka gaz utk akselerasi. semua transisi itu dilakukan secara seamless, halus. perbedaan waktu lebih cepat dlm milidetik setiap tikungan akan memberi gap yg siknifikan satu lapnya.

        tapi dg perubahan cukup fundamental yaitu ban dan software, apa yg diraih di musim balap 2015 bisa berubah di 2016. bisa jdi pedrosa atau iannone yg akan lebih cepat melesat di tikungan

        sekedar share

    • Manteb..emang gitu adanya 😀

  5. Garry mc coy.. mantep te. Sliding sliding

  6. tetap rossi lahhh jorge jaauuhh

  7. My vote for lorencong,
    Cuma do’i yang bisa nikung sambil melambay..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: