Hot News

Inilah Kenapa Marquez Jatuh saat Tangki Penuh, Kenapa Lorenzo Tidak…. !!!

Marc Marquez RiderTua.Com— Walau Juara dunia sudah semakin menjauh namun terlihat Marquez tampil total di seri Aragon, tak lain adalah karena membalap di depan publik Spanyol dan buah dari tampil memaksa dan mendorong terlalu keras, adalah motornya kehilangan grip di 2 putaran pertama balapan Minggu, diapun mengakui itu adalah kesalahan dia... Namun yang menarik adalah analisa dan penyebab dari jatuhnya adalah Tangki motor masih penuh dan suhu ban yang belum optimal... hmm..alasan pertama cukup menarik..yaitu apa hubungannya antara tangki dan grip motor...???

Marquez pertamini

Dengan rata-rata selalu cepat saat latihan dan kualifikasi mungkin secara hitungan Marquez mampu dan setara dengan Lorenzo dalam hal kecepatannya, sehingga ketika di lap-lap awal tertinggal dia merasa “pasti” bisa sejajar atau duel dengan Lorenzo..namun yang membedakan antara keduanya adalah karakter motor itu sendiri… Yamaha M1 terbilang mulus dan tidak seliar RCV saat bermanuver dan bila kondisi awal balapan motor Honda akan rawan tergelincir apalagi dengan kondisi tangki penuh , seperti dituturkan oleh beberapa rider berikut :

Saat latihan dan balapan minggu akan sangat beda perilaku dari motor bahkan dengan suhu yang sama sekalipun…!!! 
Perbedaan tingkat Grip ini adalah akibat Beban bahan bakar yang penuh akan memberi tekanan berlebih pada roda depan sehingga motor rawan understeer (susah belok dan selip karena daya cengkram bagian depan hilang) nah jika di awal rider mendorong motor dengan penuh dengan tangki Full, maka resiko jatuh akan lebih besar…

jorge Lorenzo

Kenapa tidak terjadi dengan motor Lorenzo? padahal tangki juga Full…nah Faktor gaya rider juga berpengaruh disini..jika bawa motornya smooth maka itu adalah sebuah keuntungan, karena bahan bakar sifatnya cair (fluid) dan berayun disamping berat (karena bukan angin) 😀 … dengan motor liar maka tangki dengan bahan bakar penuh akan memberikan efek berbeda pada tiap gaya mengemudi rider itu sendiri…

Jadi faktor motor, riding style dan skill berpengaruh juga to… iyo pora coy… :mrgreen:

Marquez-Misano-fuel BBM

Iklan
About oldrider (5007 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

17 Comments on Inilah Kenapa Marquez Jatuh saat Tangki Penuh, Kenapa Lorenzo Tidak…. !!!

  1. Sayang jatohnya gak ngajak2 jorge. Ngoahahaha

  2. tanki bahan bakar RCV213 tidak persis berada di bagian yg seperti “tanki” itu lho
    lebih dekat ke posisi jok rider (tengah), agar posisi center of gravity motor tetap ditengah (utk kepentingan manuver), jadi kalaupun full tank mestinya tidak memberikan beban berlebih kepada ban depan

    http://iwbspeed.com/2015/09/01/mengintip-pengisian-bahan-bakar-motogp-ternyata-cukup-rumit-mzbro/

  3. itu tangki, berapa liter ya full bensinnya?

  4. brigade jalan raya // 30 September 2015 pukul 12:22 pm // Balas

    lorenzo selalu mengeluh loh kalo tangki bensinnya masih penuh. susah bermanuver. gak lincah.

    bener. beda motor juga. bagi marquez ada beban di stang saat manuver. gak lincah. feeling jadi beda. mesti sabar saja dulu ampe merasa dapat feeling yang bagus.

  5. kecepatan setara tapi di lap awal tertinggal. kalau tidak di push over limit, akan tetap tertinggal.

  6. ya itu karena marq ikuti permainan jolor yg sangat cepat di awal lap, hrsnya marq sadar semua butuh proses bukan malah ikuti nafsu..

  7. Praise the Lord! Selamat abang lorenz

  8. Dengan kata lain Markiwes wuk wukan… Wkwkwk…

    Kenalan sama ACJneo: http://wp.me/p1eQhG-1nG

  9. Tetap beda bang bro… M1 mau pake 2 tangki msh tetep stabil di cornering walau push over limit… Krn chasisnya… Gak kayak Rcv chasisnya gak jelas alias gagal produk. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: