Hot News

Fakta Sachsenring : Lorenzo Tetap Tetinggal 10 detik dari Marquez selama 2 musim….!!!

marquez-vs-lorenzo-mugello RiderTua.Com— Ada catatan menarik di sirkuit Jerman kemarin, kali ini kita lebih fokus ke "salam 10 detik" , dimana Lorenzo pada musim 2014 tertinggal sekitar 10 detik dan finish di peringkat 3 podium..dan uniknya di musim ini pula dia tertinggal lagi di kisaran itu yaitu 10 detik-an..( 9,9 sec) artinya apa...?

marquez-vs-lorenzo-mugello1

Walau dengan kondisi cuaca gak menentu tetap saja kemampuan motor dan rider tidak berubah…. dimana Lorenzo merasa kurang sreg (secara psikologis bukan trek Yamaha) dengan layout sirkuit Jerman… sehingga tetap saja hasil kurang bagus diperolehnya…
Kedua….. Marquez kembali ke kecepatan aslinya dengan paket “balik kucing”…dan yang kemarin mencibir akan ke”ndlosoran” sekarang saatnya untuk nyengir…melihat Bayi ajaib ini ngacir…..

Terlihat dari tabel dibawah, dengan motor yang secara hitungan M1 Lorenzo lebih lambat(tanpa SSG)  10 detik, bila disangkal dengan kondisi cuaca, justru semua rider mengalami hal yang sama bukan…?
Dengan motor yang lebih bagus (M1 Versi 2015) tetap saja tertinggal 10 detik…!!!

Sachsenring2014 Sachsenring2015

 

Hal sebaliknya justru terjadi pada Valentino Rossi..dulu tertinggal jauh namun kini bisa bangkit dan sangat jauh lebih bak dibandingkan tahun lalu..bisa jadi paket motor tidak sama dengan Lorenzo, dimana biasanya mereka berdua sering beda kemauan…
Jika masih ada yang bantah Faktor sirkuit ini cocok dengan Honda…? kenapa seri kemarin dan sebelumnya sirkuit yang katanya punya Honda dibabat Yamaha … ?

Marquez Lorenzo

 

Satu lagi ada yang bilang bagaimana jika Marquez pakai ban Asimetris…? Jawabnya justru kemungkinan akan amburadul…. karena Ban asimetris itu logikanya dibuat sesuai kondisi tikungan sedangkan Marquez itu rider yang liar dan bisa jadi cara ngambil atau masuk tikungan akan beda dengan rider “biasa” bahkan kadang ban depan dibuat belok dan ban keras adalah pilihan tepat… asimetris hanya buat rider yang disiplin, rapih  dan “taat” aturan …sesuai peruntukannya… mengikuti layout sirkuit… 😀

Iklan
About oldrider (5007 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

13 Comments on Fakta Sachsenring : Lorenzo Tetap Tetinggal 10 detik dari Marquez selama 2 musim….!!!

  1. pertamax ,, dulu hehehe

  2. keduax dulu ach! skillll, motor n nyali Mm memang Top llaagghh… mudah2 an setelah kontraknya habis Mm pindah ke Ducati or Yamaha n Suzuki dan jurdun pk motor tsb! jd Legenda berikutnya nich! semoga!!

  3. Sejarah terulamg

    Otokreatif : Daily Running Light Di Motor? Bisa Bikin Makin Kece Seperti Mobil Mewah Masa Kini… – http://wp.me/p2XD22-2xx

  4. Ediaann… Gojeknya Pakai Ducati Desmosedici…!!! – http://wp.me/p3RQvE-4of

  5. ikut nyimak

  6. rider lebih tua // 14 Juli 2015 pukul 11:17 am // Balas

    Itu lorenceng koq,bisa ngibrit duluan y,kalo gue rasa emang masalahnya di ban x !

  7. lorenzo itu rider yang mood-nya tidak stabil….
    dan disamping itu, tikungan pendek patah-patah memang bukan tipikal tikungan yang disukai lorenzo.

  8. Marquez dg hard brakingnya, memang perlu kompon ban yg lebih keras. Ban depan hard compound dipilih supaya gak cepat menurun daya cengkram nya sampai akhir balapan.

    Rossi jga hard braking walaupun gak sekuat marquez. rossi pilih ban depan asimetris dg bagian sisi kanan ban yg soft. Ini ditujukan utk memberikan grip kuat di tikungan 11 waterfall yg legendaris. tikungan ke kanan high speed dg gigi 5 sampai 6.

    Sebenernya sachsenring lebih bnyk tikungan dg karakter sedang dan cepat nya. seperti tikungan 5 sampai 10 yg panjang kekiri, dg gigi 3 sampai 4. kemudian tikungan high speed 11. dan tikungan medium speed 12 dg gigi 3. Tikungan2 tsb seharusnya bisa digunakan lorenzo utk manuver fast cornering. tpi ternyata tdk.

    kata lorenzo di crashnet.com. dia mengalami ban belakang yg spin, jdi kurang traksi. Dan tdinya dia akan pilih motor dg wheelbase yg lebih pendek. wheelbase yg lebih pendek memberi efek traksi yg lebih kuat dan manuver yg lebih gesit. tapi pengereman motor akan menjdi kurang stabil.

  9. Tikungan yg lambat hanya di corner 1 dan 3 dg memakai gigi 2. Speed antara 100 km kebawah. selebihnya adalah tikungan dg kecepatan sedang dan tinggi.

  10. Kemaren rossi tetap mampu utk menempel terus dg pedrosa. sampai kemudian dia berpikir utk tdk ambil resiko yg bisa berakibat motor nyerosot misalkan ngotot utk overtake. ban soft asimetrisnya udh menipis.

    Klau kedepannya marquez strong. Fokusnya rossi fight supaya lorenzo dibelakangnya. tpi gak akan mudah, lorenzo akan fight hard jga ke rossi.

    Pedrosa jga bisa menekan rossi utk ambil posisi 2 di tiap balapan, yg pengaruh menahan point utk jdi juara dunia.

    Semua bisa terjdi dan semua bisa berubah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: