Hot News

Yamaha Gunakan Rahasia “Trik” ini di Tikungan Pada YZR-M1 2015, Motor Lebih Ngacir … Apa itu ?

Yamaha-YZR-M1-MotoGP-rear-brake lever RiderTua.Com— Ada "rahasia"  baru selain seamless shift gearbox (SSG) versi 2.0 terbaru yang terbukti sangat membantu kestabilan motor M1 saat dipacu pada tes Sepang kemarin... Entah RT yang ketinggalan berita update ini atau bagaimana ..namun perasaan ini adalah hal baru yang digunakan atau diaplikasikan pada motor balap level dewa motoGP..dimana dengan piranti ini kelemahan dibeberapa tikungan ke kanan bisa disiasati... setahu RT hanya yamaha M1 yang memakai sistem ini...apa itu dan apa saja keuntungannya..???

Extra lever for SSG Yamaha YZR-M1
Yamaha bilang ini piranti tuas SSG… namun sepertinya dialih-fungsikan ke Finger Rear Brake..??

Piranti itu adalah Finger Rear Brake Lever… alias Tuas Jari Rem Belakang…pernah dengar..? kalau RT sih pernah dengar pada skutik 😀
Jika rider mengambil tikungan tajam ke kanan tuas rem belakang posisinya ada disebelah kaki kanan dan saat itu tidak ada “space” buat rem kaki untuk melakukan fungsinya secara maksimal, mengurangi laju motor saat dipacu nah hal ini disiasati dengan FRB tadi.. apakah ini diaplikasikan Lorenzo di Sepang kemarin..? Indikasinya sih begitu..namun faktanya tikungan kanan yang “butuh” FRBL tadi cuman ada dua tikungan saja…. apakah hasilnya signifikan memangkas laptime..? bisa jadi sementara riderlain tidak memakainya saat masuk tikungan M1 akan lebih stabil atau mungkin melakukan latebrake dengan jari/tangan….

Sepang circuit sirkuit malaysia

Yamaha team manager Wilco Zeelenberg pun menandaskan bahwa Lorenzo ingin menguji piranti pada situasi seperti itu pada tes sepang kemarin..namun tidak yakin apakah Lorenzo benar-benar menggunakannya wong tikungan ke kanannya cuma dua tok yang perlu alat ini…??

Extra lever for SSG RC213V
RC213V sudah aplikasikan tuas kecil ini duluan

Seperti apa sih bentuknya?..yang jelas bukan dioperasikan oleh Jempol tangan, namun oleh jari kiri (lebih enak orang kidal) 😀
Cara kerja piranti ini pada posisi gear 2 jika pada kondisi tikungan ke kanan tertentu dan butuh pengereman roda belakang “lebih” dan tidak mengandalkan engine brake maka memiliki  Finger Rear Brake ini adalah sebuah keuntungannya…
Namun masalahnya tidak mudah untuk mengoperasikan alat ini perlu membiasakan dan tentunya perlu waktu… apakah Lorenzo memakainya?… hanya dia yang tahu……
Disitulah kadang saya merasa ingin tahu… 😀

yamaha-yzr-m1-motogp-finger-brake-lever

 

Iklan
About oldrider (5007 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

26 Comments on Yamaha Gunakan Rahasia “Trik” ini di Tikungan Pada YZR-M1 2015, Motor Lebih Ngacir … Apa itu ?

  1. Buat nambah rasa engine brake di sistem ssg, karena kopling nggak ngaruh ke engine brake di sistem ssg

    • itu mungkin yang tuas SSG … katnya sih ada tuas tambahan lagi dan terhubung dengan brake system… infonya gitu… makanya mereka sebut Finger Rear Brake Lever

  2. dah pake finger rear brake ….berati tinggal nunggu dek rata

  3. masih blagukah yamaha dg smakin di depan…. semakin di depan apa nya ssg aja yg laen dah di pasang ini nunggu ridernya nya mewek dulu…
    smakin di depan spbu.

  4. honda selalu duluan…

    yang lain belum memikirkan
    honda sudah menciptakan
    yang lain baru mencoba
    honda sudah meninggalkannya

    kadang disitu saya merasa sedih…

  5. tanpa tuas rem kaki…biar nggak nggasruk saat nikung kanan dan memangkas waktu sepersekian detik di tikungan…

    http://bakulkangkungjpr1.com/2015/03/02/beberapa-perbedaan-antara-suzuki-address-untuk-pasar-ekspor-dan-pasar-lokal/

  6. Thumb brake kayanya bentar lagi kalo dah populer bakalan di aplikasiin ke motor jalanan

    Murah kan. Daripada aplikasiin ssg

    https://jildhuz.wordpress.com/2015/03/02/kelakuan-member-mlm-membuat-dalil-sendiri-dan-menkafirkan-muslim/

  7. dan sekarang bukan rahasia lagi, karena sudah di bocorkan oleh pak elte
    http://orongorong.com/2015/03/03/duh-ini-motor-apa-ya-kecelakaan-sampai-begini/

  8. “rossi bisa bikin motor jadi kencang, bukan motor yang bikin rossi kencang.”

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha tidak akan gunakan Rem Tangan buat roda belakang pada YZR-M1 Lorenzo… | RiderTua.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: