Hot News

Troubleshooting Honda Vario 125 …Kabel koil putus..sekring Fuel Pump putus.. Sensor Injektor Error…..

2012.Vario Techno 125 PGM-FI Swift White Silver Vario trouble Komplit benar problem motor bro roby  dari kabel koil,sekring fuel pump..dan injektor MIL berkedip.... Bisa jadi kejadian ini harus dipilah satu per satu...

  • Masalah kabel koil sudah terselesaikan.. OK
  • Masalah sekring OK
  • Masalah indikator MIL  kalau tidak salah kedip panjang=1..pendek 2.... nilainya 12 berarti kerusakan pada injektor

malfunction

Cara membaca kedipan MIL( Malfuction Indicator Lamp) Ada dua macam kedipan dasar, yaitu kedipan panjang dan pendek.

  • Kedipan panjang (1,3 detik)diartikan sebagai puluhan( kali 10) misalnya kedipan panjang 2 x = nilainya 20
  • Kedipan pendek (0,3 detik) memiliki nilai 1 …satu kali berarti 1

Kedipan MIL -Malfuction Indicator Lamp


 

Sekring fuel pump putus kemungkinan dari kerja pompa yang berat… mungkin ada baiknya kuras tangki dan cek filter bensin…ada air gak dalam tangki…sehingga kedepan tidak jadi masalah lagi…kalau bisa dibersihkan, bersihkan saja…kalau sudah rusak/jebol / gak layak… ganti filter set Vario  harganya 171 ribu…

Kembali ke kasus MIL bro roby tadi..jika injektor terindikasi gagal fungsinya..maka ada kemungkinan masalah kelistrikan di sekitar injektor coba cek dulu area sekitar itu mungkin ada kabel yang copot atau kendor..
Kalau mau bongkar sendiri sih/ ganti  injektornya …. harganya sekitar 200 ribuan..

Atau kalau  mau bersihkan injektornya sendiri dengan karburetor Cleaner dengan disemprot berlawanan arah agar kotoran di dalam keluar… selama bersihkan, injektor dikasih arus/tegangan cara ini disebut “back flow cleaning”

Memang kita harus rajin merawat motor kita..apalagi yang sudah lewat 1 tahun pemakain dan intensitas pemakaiannya tinggi…

Namun dari pertanyaan bro robi yang belum jelas adalah apakah MIL berkedip kondisi mesin hidup/ nyala…? kalau nyala biarin aja dah..lama-lama capek dan mati sendiri :mrgreen:  (becanda )

Mungkin ada yang bisa kasih masukan lagi…???

 

About oldrider (5008 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

17 Comments on Troubleshooting Honda Vario 125 …Kabel koil putus..sekring Fuel Pump putus.. Sensor Injektor Error…..

  1. Weleh medeni temen mbah..!
    Alhamdulillah Vario 125 saya masih sehat, tapi ya baru 16 rb km…cuma ganti aki sama saklar lampu

    https://fifauzi.wordpress.com/2015/01/19/penampakan-honda-v-twin-torsi-super-badak-sudah-dijual-harga-18-juta-an/

  2. Beruntung dong saya.km dah 35ribuan baru ganti filter,belt, dan homestir inipun krn di pake bini nyodok sales perkakas yg ndlosor krn kepleset pasir

  3. waria ku km sudah 36rb ++ mbah, yang diganti baru busi, filter udara dan belt drive nya.

  4. udah biasa produk honda trouble..honda gk mementingkan detail produk…honda cuma kejar target MS…kualitasnya gk dijaga..cuma ngandalin kuantitas produk

  5. ganti bpkb&stnk mari

  6. Klo putus cinta kedetek ECU ga pa RT?? Terus panduan kedipan janda kembang sama ga sama MIL??
    #Becanda Pa RT.

  7. Masalah ketiga aq jg prnh ngalami pakRT,trnyata socket sensor injeksinya longgar/nyaris putus gara2 kesenggol pas nyuci bagian dlm mesin,dibetulin gratis diAHASS sampe skrng normal2 saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: