Hot News

Bensin Oplosan gak kalah sama pertamax….

Ethanol + Gasoline

Nih bensin oplosan tapi jangan banyak2 mabok.... 😆

Bicara masalah motor pasti tak akan lepas dari pebincangan mengenai BBM yang dipakai,dan banyak tujuan yang ingin dicapai dalam penggunaanya misalnya premium kenapa karena masih disubsidi,murah…pertamax karena pengin pembakaran lebih sempurna walaupun dikit mahal… tapi apakah bro sekalian ada yang sudah tahu kalau bensin oplosan gak kalah sama pertamax… eit tunggu dulu bukan dioplos sama minyak tanah loh lagian sekarang langka, tapi dengan ethanol….
Apa sih ethanol dan dibuat dari apa…..  ❓

Etanol, disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolut, atau alkohol saja, adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini merupakan obat psikoaktif dan dapat ditemukan pada minuman beralkohol dan termometer modern. Etanol adalah salah satu obat rekreasi yang paling tua. Fermentasi gula menjadi etanol merupakan salah satu reaksi organik paling awal yang pernah dilakukan manusia. Efek dari konsumsi etanol yang memabukkan juga telah diketahui sejak dulu. Pada zaman modern, etanol yang ditujukan untuk kegunaan industri dihasilkan dari produk sampingan pengilangan minyak bumi.

Etanol banyak digunakan sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk konsumsi dan kegunaan manusia. Contohnya adalah pada parfum, perasa, pewarna makanan, dan obat-obatan. Dalam kimia, etanol adalah pelarut yang penting sekaligus sebagai stok umpan untuk sintesis senyawa kimia lainnya. Dalam sejarahnya etanol telah lama digunakan sebagai bahan bakar (sumber:http://id.wikipedia.org/wiki)

Ethanol dapat dibuat dari tiga kategori material
1.SACCHARINE MATERIALS (tanaman mengandung gula).
Tebu, Tetes ,Bit Gula, Sweet Sorghum,Buah buah an dll.
2.STARCHY MATERIALS (tanaman mengandung pati).
Jagung, Ketela pohon, kentang, larut, biji sweet sorghum,gandum , beras , beras ketan dll,
3.CELLULOSE MATERIALS (tanaman mengandung serat)
Kayu, Jerami, batang jagung, janggel jagung, limbah kayu dll.

mengenai cara buatnya tanya mbah goegle ajah… 😆

Berikut hasil tes emisi dari bermacam jenis BBM:

premium oktan= 88, pertamax oktan=95, ethanol campurannya=5%

keterangan:

CO : Bensin tidak terbakar ( kekurangan udara )= karbon monoksida
HC : Bensin tidak terbakar ( kekurangan panas/api )=Hidrokarbon
LAMBDA : adalah perbandingan campuran bensin udara yang terjadi, dengan perbandingan bensin udara ideal ( 1 : 14,7 ).

Nah dilihat dari tabel diatas kelihatan kalau dengan campuran ethanol pembakaran jadi lebih sempurna(ramah lingkungan..) karena sifat dari ethanol itu sendiri yang bersifat menyerap air sehingga menyebabkan angka HC tinggi namun CO rendah…

Saya sendiri sih belum pernah coba tapi dibeberapa negara seperti Brasil sudah mengaplikasikan bio-ethanol untuk BBMnya dimana premium sudah mengandung 20~25% ethanol yang bisa mengurangi emisi sampai dengan 3%~5% dibanding premium.

Sedikit PERINGATAN …

Penggunaan yang mengandung lebih dari 10% ethanol atau lebih dari 5% methanol dapat:

  • Merusak cat tangki bahan bakar
  • Merusak selang karet saluran bahan bakar
  • Menyebabkan karat di dalam tangki bahan bakar
  • Menyebabkan pengemudian yang buruk

(Dikutip dari buku pedoman pemilik honda Vario.)

For Your Information………………..

go green

About oldrider (5008 Articles)
KeepBrotherhood & Peace

42 Comments on Bensin Oplosan gak kalah sama pertamax….

  1. PERTAMAAAAAA…

  2. OOT Bro…

    Hasil kopi komén…
    Aq menawarkan ke Bro Bonsai, supaya tgl 24-26
    Desember kita bisa ngumpul di Magetan & Sarangan.
    Acaranya…semua setelah sholat Jum’at berangkat
    nuju ke Magetan tempat Bonsai. Maghrib harus disana.
    Sabtu mulai pagi bisa main ke Sarangan or naik ke
    Cemoro Sewu, ntah nginep dimana ato nginep di
    Cemoro sewu kan 75-100ewuan lumayan. Sampé
    minggu siang setelah sholat duhur baru cabut, balik
    ke kota masing².
    Gimana???
    Katanya supaya nggak tetep di Malang aja…
    🙂

  3. masa depan mungkin ga ada lagi bensin, yang ada cuma etanol,kan etanol mudah didapat, khalayak umumpun bisa buat kok, kalo dibali ada namanya ARAK, itu minuman keras lokal yang bisa dibuat jadi bahan bakar….
    “bebek cocoknya undersquare engine”
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/11/24/bebek-cocknya-undersquare-engine/

    • Sip bro energi alternatif masa depan, fosil mah bisa bertahan berapa lama….

    • y ndak lah bro…etanol kan dapatnya dari bahan pertanian..jadinya malah krisis pangan…penebangan hutan untuk dibuka lahan pertanian, ekosistem terganggu….rakyat kelaparan

      blunder 2 kali malah

    • Arak bali yang dibuat dari beras, yang cap padi (kalo masih ada) bisa jadi alternatif. jangan arak kuning yang dibuat dari nira. Dulu (1980an) BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) pernah coba bikin GASOHOL, masalahnya alkohol mengandung air yang bersifat korosif …

  4. Wah entar klo mtrnya mabok gmn mas, bisa ndlozor donk..

  5. Jadi perbandinganya 20% buat mtr n yg 80% buat ridernya ya biar mabox bareng xixixi..

  6. bisa di coba nich!!!!

    Untuk acara disarangan nginep ya??klo nginep harga penginapan pas malam natal ato tahun baru akan naik 3x lipat.bisa sampek 1.500.000. 1 rumah dengan 3 kamar.

  7. berarti bensin eceran pinggir jalan bisa dioplos sama alkohol murni dari apotek itu dunk..bisa buat minum sedan keluaran 2005 ke atas

  8. berarti etanol itu alkohol yg 90% itu ya, kan ada juga alkohol 70%, itukah yg dimaksud?? Gambar yg dibawah boleh dsedot bro?

  9. bio etanol ga nyelesaikan masalah..yg ada skg brasil malah krisis pangan…gara2 petani lebih memilih buat bio etanol yg harganya lebih mahal, dari pada dijual untuk konsumsi xixixi

  10. yen di ganti spirtus isoh po ra?

  11. mbukh ke pira pokokmen
    PERTAMAX

  12. ngk masalah sih dicampur2..tapi liat dulu apakah materialnya pada motor itu kuat??…bisa2 malah gripis lama kelamaan tuh..kudu ada percobaan sampai beberapa tahun dulu tuh :mrgreen:

  13. coba aja kapur barus kecil 2 biji aja, dah nyoba mantaff, tapi ojo sering sering ambrol mengko :mrgreen:

  14. tak kiro koyo aq. tuku 1/2 premium, 1/2 lagi pertamax. dioplos di tangki biar irit.qiqiqiqi

  15. Di jakarta udah ada, udah pernah nyobain tapi rasanya sih podho wae ama yg biasa 🙂

  16. bikin mesin brodol..coz material gak diset/didesain buat gasohol (gasolin-alkohol) seal/karet2 juga cepet keras/getas karena gak kuat…akibatnya 2kali maintenance

  17. kalo HC nya tinggi apa gak nambah kerak tuh, seecara premium aja udah banyak kerak.
    premium+ethanol HC nya lebih tinggi

  18. Ass,, npang nanya nih boss klo bensin dicampur spirtus gmn emisinya boss dampak buat mesin,?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: